Bambu Gila


Seneng banget rasanya waktu pertama kali ngeliat atraksi yang satu ini, Aneh, Heran, Takjub, Gak percaya, Ajaib. Coba bayangkan Masak sih cuma bambu sepotong bikin 5 orang berbadan kekar muter - muter kayak orang mabok. Hemm, gak percaya ? liat aja foto diatas. Yup betul, Atraksi Baramasuwen atau lebih dikenal dengan bambu gila ini adalah salah satu atraksi atau permainan yang dapat kamu jumpai jika kamu jalan -jalan ke maluku utara, khususnya ke pulau tidore yang dari dulu memang terkenal dengan benda - benda Magis.
Mau tau ceritanya?, jadi kira-kira begini.
Pertama – tama bambu yang berukuran sekitar 2 meter dipegang oleh 5 orang yang pilihan. Kemudian bambu tersebut dibacakan mantra oleh pawang ( orang tidore menyebutnya orang tua-tua ).
Nah setelah dibacakan mantra oleh pawang tersebut, bambu tadinya tidak punya kekuatan apa - apa tiba - tiba mulai bergerak mengikuti gerakan asap yang dipegang oleh sang pawang. Hasilnya adalah saling tarik menarik antara ke 5 orang yang memegang bambu tersebut dengan bambu yang telah dimasuki oleh roh halus tersebut.
Cukup menarik bukan?
Anda ingin mencoba ?
datang saja ke tidore, tapi itupun kalo sedang beruntung. Soalnya perlu para Blogger ketahui bahwa Atraksi bambu gila ini hanya di pertontonkan pada moment - moment tertentu, seperti Acara Mandi Safar, Acara Legu Gam dll.
Hemm, jadi pengen Nyoba?!

2 komentar:

  1. menarik ............ juga artikelnya..............

    BalasHapus
  2. pengen ke tidore nih,
    kamu tidore mana dris...?

    BalasHapus

Komentar Donk!